Rabu, 30 September 2015

Menariknya Universitas Harvard


Assalamualaikum ...

Pernahkah kalian mendengar Universitas Havard ? sudah tau apa saja yang ada di sana?

Universitas Havard merupakan Universitas swasta unggulan ternama dan terbaik di Amerika serikat lebih tepatnya di Cambridge, Massachusetts.

ini dia penampakan gedung utamanya : 


Sejarahnya Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.
Dulu John Harvard menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Hingga akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Universitas Harvard. Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai "universitas" dan bukan "college" terjadi pada tahun 1780.
selain itu di buatlah patung John Harvard yang seringkali dijadikan lokasi berfoto bagi para wisatawan.
seperti ini penampakkannya :
Meski patung Harvard terpampang gagah di sudut Universitas Harvard, namun sesungguhnya tidak ada yang tahu persis bagaimana wajah Harvard yang sesungguhnya. Ketika melakukan studi dokumen, seluruh koleksi foto John Harvard ternyata telah hangus terbakar ketika terjadi insiden terbakarnya perpustakaan kampus Harvard ini.

Untuk mengukuhkan sejarah dengan membuat patung John Harvard, akhirnya sang desainer patung, Daniel Chester French, menggaet mahasiswa yang dianggap paling tampan di Harvard sebagai modelnya.
Pada patung John Harvard, tertulis nama Sherman Hoar, yang dipastikan adalah nama mahasiswa yang menjadi model dalam membuat patung John Harvard. Sherman Hoar adalah mahasiswa Universitas Harvard angkatan 1882.
Patung John Harvard yang dibuat tinggi dan besar, menjadikan siapapun yang berfoto disana hanya dapat menyentuh sepatu patung. Namun, adanya fenomena ini ternyata menjadi mitos tersendiri bagi Universitas Harvard. Kepercayaannya, siapa yang bisa memegang sepatu tersebut akan mendapatkan keberuntungan atau anaknya bisa bersekolah di Universitas Harvard. Tertarik mencoba?.
 
Universitas Harvard memilki 9 fakultas ternama, antara lain Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Bussiness School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government.
 
Universitas Harvard memilki kantin yang sangat megah. Luas kantin sangat besar, dan dilengkapi dengan desain modern klasik. 
mau tau seperti apa kantinnya? 
ini dia :
 
wah megah dan mengejutkan, keren bukan ?
Bagaimana dengan perpustakaan di sana?
Perpustakaan Universitas Harvard adalah perpustakaan terbesar nomor dua di dunia setelah perpustakaan Kongres Amerika Serikat. ajaib dah....
 
Perpustakaan Universitas Harvard memilki Sembilan lantai dengan empat diantaranya adalah lantai basement. Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul dan jumlah foto ada 8 juta buah. 
Universitas Harvard menyimpan buku dengan sampul yang terbuat dari kulit manusia! Menyeramkan atau menakjubkan? ini dia bukunya :
Buku bersampul kulit manusia itu berjudul Des destinees de l’ame, yang banyak membahas tentang kejiwaan. Buku ini merupakan terbitan tahun 1880-an.
Adanya deteksi kulit manusia pada sampul salah satu buku tersebut, telah dibenarkan oleh ilmuwan kesehatan Harvard, yang menemukan peptide dan protein yang terdapat pada kulit manusia di sampul buku tersebut.
 
Diceritakan, ada sebuah gerbang di area Universitas Harvard yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswa yang sedang berkuliah disana. Waktu dua kali tersebut antara lain saat pertama kali kuliah di Universitas Harvard dan saat lulus dari sana. Gerbang yang dimaksud tersebut antara lain gerbang tengah di Universitas Harvard. Jika melewatinya lebih dari dua kali, maka kepercayaannya akan drop out. Percaya tidak percaya, semuanya tergantung anda.
ini dia gerbang yang dimaksudkan ..
Bukan hanya mengutamakan unsur sarana dan prasarana yang luar biasa megah saja, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.
 
setelah membaca ini, apakah kalian tertarik untuk kuliah di sana?
cukup sekian semoga bermanfaat, bila ada yang kurang jelas mohon maaf dan sisipkan sedikit komentar untuk saya koreksi. terimakasih.
Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar